Bagaimana cara membuat tabel pada Microsoft Word 2007?

Assalamu’alaikum sobat blog, pada postingan saya sebelumnya saya telah berbicara tentang cara menyimpan dokumen dan cara membuat bingkai pada Microsoft Word 2007. Saat ini saya akan berbicara tentang bagaimana cara membuat table pada Microsoft Word 2007.

Apa itu table?

Table yang saya maksudkan disini adalah serangkaian data atau informasi yang ditampilkan secara sistematis, terutama dalam bentuk kolom dan baris. Dalam sebuah table dapat terdiri beberapa garis dan beberapa kolom. Tabel dapat berisi informasi yang berupa kata-kata atau kalimat, namun kebanyakan orang menggunakan table untuk menampilkan  data mereka yang berupa angka.

Kenapa menggunakan tabel?

Dengan menggunakan table anda dapat menampilkan data atau informasi anda dengan  lebih teratur dan urut serta memiliki garis pembatas. Dengan menyajikan data dalam bentuk table dapat mempermudah penyampaian informasi. Table mempermudah membaca, membandingkan dan mengolah informasi yang anda sajikan. Jadi  pembaca dapat memahami data atau informasi yang anda sajikan dengan mudah.

Apa saja tools yang ada di fitur tabel Microsoft Word 2007?

Untuk memudahkan anda dalam membuat table di Microsoft Word 2007, sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu beberapa tools yang bisa anda gunakan untuk membuat table.
  • Insert table (sisipkan table), klik ini untuk membuat table dengan cara otomatis. Setelah anda mengklik “insert table” anda maka akan muncul tab yang berisi;
    • Number of columns (Jumlah kolom), pada kotak ini silahkan anda memasukkan jumlah kolom sesuai dengan kebutuhan anda.
    • Number of rows (jumlah baris), pada kotak ini silahkan anda memasukkan jumlah baris yang dibutuhkan.
    • Fixed column width (tetapkan lebar kolom), pada kotak ini anda bisa mengatur lebar kolom yang sesuai.
  • Draw table (menggambar table), tool ini digunakan untuk menggambar table.
  • Excel Spreadsheet (lembar kerja excel), tool ini dapat digunakan untuk menyisipkan lembar kerja excel. Jadi anda bisa membuat table dengan lembar kerja yang disisipkan tersebut.
  • Quick tables (table cepat), klik tool ini jika anda ingin memilih model table yang sudah disediakan. Misalnya model calendar, tabular list ataupun subhead.

Bagaimana cara cepat membuat tabel pada Microsoft Word 2007?

Bila anda mengolah data atau dokumen anda di Microsoft Word anda bisa menyisipkan dan membuat table di dokumen anda dengan mudah. Di bawah akan saya jelaskan contoh cara membuat table di Microsoft word, anda dapat memperhatikannya dengan seksama.
  • Buka Microsoft word
  • Klik “insert”
  • insrtequationdiword
  • Klik “Insert table”
  • bikintabeldiword
  • Masukkan jumlah kolom yang diinginkan pada kotak “Number of columns”
  • bikintabeldiword
  • Masukkan jumlah bari yang dibutuhkan pada kotak “Number of rows”
  • Dan aturkan lebar kolom pada kotak “Fixed column width”
  • Klik “Ok”
  • Selesai. 

Popular posts from this blog

Cara menghilangkan garis-garis di tepi dokumen Microsoft Word 2007

Cara membuat histogram di Microsoft word 2007

Bagaimana cara mengubah Microsoft Word 2007 ke pdf ?

Cara membuat spasi 1,5 di Microsoft Word 2007

Cara membuat newsletter di microsoft word 2007