Bagaimana cara membuat daftar isi di Microsoft Word 2007?

Assalamu’alaikum sobat blog “tutorial microsoft word”. Pada tulisan sebelumnya, saya telah berbicara tentang cara  mengatur spasi dan cara mengubah format file doc pada microsoft word. Saat ini saya akan berbicara tentang cara daftar isi pada microsoft word.

Apa itu daftar isi atau ToC?

Pernahkah anda membaca daftar isi sebuah buku?  Bila anda sudah pernah melihatnya, maka tentunya anda sudah mengerti apa itu daftar isi. Daftar isi merupakan halaman yang menampilkan/menunjukkan bagian-bagian pokok dari dokumen yang disusun secara urut berdasarkan nomor halaman. Biasanya diurutkan dari bagian yang mempunyai nomor halaman awal. Dokumen tersebut bisa berupa buku, makalah, atau pun dokumen elektronik seperti dokumen Microsoft word anda.  jika dalam bahasa inggris daftar isi disebut dengan Table of Content. Kemudian Table of Content ini disingkat menjadi ToC.

Kenapa perlu menggunakan daftar isi?

Banyak orang yang membuat dokumen tanpa menambahkan halaman daftar isi, namun ada banyak juga orang menambahkan daftar isi pada dokumen mereka. Setiap orang memiliki alasan tersendiri kenapa mereka memilih menambahkan halaman daftar isi atau pun tidak menambahkan halaman daftar isi pada dokumen mereka. Sebenarnya menambahkan ToC atau daftar isi pada sebuah dokumen dapat memberikan keuntungan tersendiri baik untuk pemilik dokumen atau orang lain yang membaca dokumen tersebut. Keuntungan-keuntungan tersebut seperti;
  • Mempermudah navigasi.  Siapa pun orangnya dapat dengan mudah menemukan infromasi dalam buku dengan memeriksa bab-bab dalam daftar isi.
  • Memberikan gambar tentang isi buku. Jika dokumen anda diperjualbelikan, tentunya hal ini akan memudahkan calon pembeli untuk melihat gambaran isi buku tanpa harus membaca seluruh isi buku.
Bagaimana cara membuat daftar isi di microsoft word 2007?

Cara membuat halaman daftar isi  pada Microsoft word bisa anda lakukan dengan dua cara. Yaitu cara otomatis atau dengan memanfaatkan heading (tajuk).  Namun pada saat ini saya hanya akan memberikan contoh tentang cara

Berikut cara membuat daftar isi dengan cara otomatis.
  1. Ketikkan teks anda, misalnya paragraph berikut
  2. contoh daftar isi
  3. Pilih bab-bab  yang akan dimasukkan pada daftar isi . misalnya  anda ingin memasuk kata “Sumber Data”, maka silahkan anda blok kata “Sumber Data”.
    • Kemudian klik “references”
    • Selanjutnya klik “Add text”
    • daftar isi otomatis
    • Lalu  klik “1”
    • Pilih subab-subab yang akan dimasukkan pada daftar isi. Contohnya anda ingin memasukkan “Data primer” sebagai subab 1. Maka silahkan anda blog kata “Data primer”.
    •  Kemudian klik “references”
    • Selanjutnya klik “Add text”
    • Lalu klik “2”.
  4. Lanjutnya hal yang sama pada bab dan subab lain. Jika sudah selesai lanjutkan ke tahap berikutnya. 
  5. Buka halaman baru, dimana anda kan menempatkan daftar isi anda.
  6. Lalu lanjutkan dengan mengklik “References”
  7. Dan ikuti dengan mengklik “Table of Contents”
  8. daftar isi otomatis
  9. Klik salah satu model daftar isi yang anda sukai. 
  10. Selesai.

Popular posts from this blog

Cara menghilangkan garis-garis di tepi dokumen Microsoft Word 2007

Cara membuat histogram di Microsoft word 2007

Bagaimana cara mengubah Microsoft Word 2007 ke pdf ?

Cara membuat spasi 1,5 di Microsoft Word 2007

Cara membuat newsletter di microsoft word 2007