Cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word 2010 dalam 5 menit

Daftar isi (Table of Content, disingkat TOC) merupakan sebuah halaman yang menjadi panel navigasi untuk dokumen anda. Daftar isi memberikan gambaran pada pembaca dokumen dimana mereka bisa menemukan poin-poin khusus pada dokumen anda dengan cepat. Biasanya yang masuk dalam daftar isi hanya beberapa bagian dari isi dokumen saja. Misalnya topic utama (judul) dan subtopic.

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word 2010  sangatlah mudah. Sebelum membahas lebih detail tentang cara menyisipkan daftar isi pada dokumen anda. Maka terlebih dahulu anda harus memberi tanda pada setiap judul utama dan sub judul terlebih dahulu.

Cara memberi tanda pada teks untuk mengelompoknnya pada level tertentu
Cara memberi tanda nya seperti ini, pertama anda blok (pilih) teks judul, selanjutnya anda klik tab “References”. Berikutnya anda klik “Add text” dan pilih “Level 1”. Anda ulangi dan terapkan cara ini untuk semua judul utama pada setiap halaman, anda lakukan satu per satu ya.
Word Table Content
Sekarang anda beri tanda sub judul. Pertama anda blok teks sub judul, kemudian anda klik tab “References” dan ikuti dengan klik “Add Text”. Selanjutnya anda pilih “Level 2”. Lakukan dan terapkan cara ini pada setiap sub judul secara satu persatu.

Anda juga bisa melakukannya untuk sub yang kedua dengan menggunakan level tiga. Setelah anda selesai menandai teks anda, maka langkah berikutnya adalah tahap menyisipkan daftar isi.

Cara menyisipkan daftar isi di Microsoft Word  2010
Pertama anda siapkan halaman kosong pada dokumen yang sama, dan tempatkan kursor anda pada halaman kosong tersebut. Selanjutnya anda klik tab “references” dan klik “Table of Contents”. Terakhir anda pilih dan klik model daftar isi yang tersedia. Misalnya anda klik “Automatic Table 1”

Word Table Content
Apabila dokumen anda terdiri dari point-point penting yang sangat banyak (lebih dari tiga) maka anda bisa menambahkan level text hingga jumlah yang anda inginkan. Caranya anda klik tab “References” dan klik “Table Of Content”. Selanjutnya anda klik “Insert Table of Content”.
Word Table Content
Setelah muncul jendela “Table of Content”, pada bagian “Show options” anda ubah angkanya menjadi jumlah yang anda inginkan. Dan terakhir klik tombol “OK”. Dan anda pun bisa menambahkan teks hingga level-level tertentu sesuai dengan kebutuhan anda.

Popular posts from this blog

Cara membuat histogram di Microsoft word 2007

Cara menghilangkan garis-garis di tepi dokumen Microsoft Word 2007

Cara membuat chart di Microsoft word 2007

Bagaimana cara membuat diagram di Microsoft Word 2007?

Cara membuat flowchart di Microsoft Word 2007