Bagaimana cara membuat catatan kaki di Microsoft word 2007?

Pada ulasan yang beberapa hari lalu yang berbicara mengenai cara membuat rumus, cara membuat alinea, cara membuat bagan, cara membuat amplop dan beberapa tutorial Microsoft word lainnya. Sekarang saya akan mengulas tentang  cara membuat catatan kaki di Microsoft word 2007.

Karena catatan kaki merupakan bagian penting pada teks atau naskah, maka ada baiknya jika seorang penulis mengetahui bagaimana cara membuatnya atau menyisipkan catatakan pada naskah.

Apa itu catatan kaki?

Catatan kaki merupakan keterangan yang terletak pada bagian halaman suatu teks atu dokumen. Biasanya ukuran huruf yang digunakan pada catatan kaki lebih kecil dibandingkan ukuran huruf pada teks normal. Catatan kaki gunakan untuk memberikan keterangan tentang kalimat atau paragraph yang tertera pada teks.  Misalnya jika kalalimat atau paragraph pada teks tersebut merupakan sebuah kutipan, maka footnote biasanya memberikan keterangan tentang asal referensi atau komentar yang dijadikan dasar mengutip.

Kenapa perlu menambahkan catatan kaki pada naskah atau teks?

Menambahkan catatan kaki pada sebuah dokumen atau karya tulis merupakan hal yang memberikan nilai tambah pada dokumen tersebut. Pembaca dapat membedakan asal usul ungkapan atau pendapat pada teks, manakah teks yang merupakan pendapat atau pernyataan si penulis,  teks yang mana yang merupakan hasil kutipan, dan sebagainya. Catatan kaki juga memperlihatkan kejujurannya dan penghargaannya terhadap karya orang lain. Dia menunjukkan bahwa apa yang dituliskan merupakan hasil kutipan atau hasil karya orang lain.

Bagaimana cara membuat catatan kaki di Microsoft word 2007?

Menyisipkan catatan kaki pada naskah bukanlah hal yang susah. Setiap orang bisa melakukannya, asalkan mereka  mengetahui cara atau langkah-langkahnya. Kebanyakan orang mengatakan “saya tidak bisa membuat catatan kaki di ms word”, padahal sebenarnya mereka bisa melakukannya jika mereka mengetahui caranya. Untuk anda yang juga memiliki pengalaman seperti ini, maka anda bisa memperhatikan langkah-langkah membuat catatan kaki di bawah.
  1. Buka dokumen anda di Microsoft word.

  2. Posisikan kursor anda pada pada akhir teks atau paragraph yang akan di beri footnote.

  3. Selanjutnya klik tombol “references”



  4. Kemudian klik tombol “insert footnote”

  5. Setelah catatan kaki muncul di bagian bawah halaman, maka anda bisa menambahkan keterangan pada catatan kaki secara manual.

  6. membuat catatan kaki

Popular posts from this blog

Cara membuat histogram di Microsoft word 2007

Cara menghilangkan garis-garis di tepi dokumen Microsoft Word 2007

Cara membuat newsletter di microsoft word 2007

Cara membuat spasi 1,5 di Microsoft Word 2007

Cara membuat form di Microsoft word 2007