Bagaimana cara membuat diagram di Microsoft Word 2007?

Pada tulisan atau postingan saya sebelumnya, saya pernah berbicara tentang cara mengatur margin, cara membuat daftar isi dan cara membuat tulisan arab di Microsoft Word 2007.

Seringkali orang berkata tentang diagram, cara membuatnya atau bahkan betapa mudahnysa suatu diagram untuk di baca dan dipahami. Namun, bila ditelisik lebih dalam apa itu sebenarnya diagram?

Apa itu diagram?

Diagram atau yang juga disebut grafik, merupakan suatu gambaran yang menunjukkan statistic suatu keadaan  atau benda. Diagram memiliki betuk yang bervariasi, seperti histogram atau yang dikenal dengan diagram batang, diagram pohon, diagram pai, diagram venn dan sebagainya.

Penyajian diagram dalam suatu laporan akan memberikan kemudahan kepada pembaca untuk memahami statistic suatu keadaan atau benda. Bahkan, terkadang diagram dalam sebuah laporan bisa menjadi gambaran keseluruhan laporan.

Membuat atau menyisipkan diagam dalam sebuah laporan bisa anda lakukan menggunakan Microsoft Word 2007. Anda bisa menyisipkan diagram dengan pilihan tipe diagram yang banyak.

Contoh diagram;

membuat diagram

Bagaimana cara membuat diagram di Microsoft Word 2007?

Cara membuat diagram di Microsoft Word sangatlah mudah, anda bisa membuat diagram dengan berbagai macam model. Salah satu model diagram yang ada adalah diagram batang. Bila anda belum mengetahui cara membuat diagram di Microsoft Word, anda bisa membaca detail langkah-langkah membuat diagram di bawah.


  1. Buka microsoft word

  2. Klik “insert”

  3. insrtequationdiword

  4. Klik “chart”

  5. Pilih model diagram yang anda inginkan, misal model “column”. 

  6. membuat diagram

  7. Selanjutnya akan muncul diagram di lembar kerja word dan lembar kerja excel.

  8. edit data diagram

  9. Editlah secara manual keterangan table yang ada di sheet excel, misalnya seperti berikut; 

  10. edit data diagram

  11. Ketika anda mengedit data di excel, anda bisa memperhatikan perubahan yang terjadi pada diagram di lembar kerja word anda.  Setelai selesai mengedit data di excel, anda bisa menutup jendela excel secara langsung.

  12.  selesai. 
Bagaimana cara mengedit data pada sebuah diagram yang telah jadi?

Melakukan kesalah dalam pengetikan atau pengentrian data merupakan suatu kesalahan yang sangat wajar.  Begitu pula kesalahan memasukkan data pada sheet excel ketika anda membuat diagram di Microsoft Word. Lalu, bisakah data diagram diedit kembali? Tentu saja, bisa. Anda dapat mengedit data diagram yang telah anda buat dengan mudah. Berikut langkah-langkah mengedit data pada diagram yang telah jadi.
  1. Buka dokumen anda di Microsoft Word.
  2. Klik garis tepi diagram
  3. Klik kanan pada mouse anda.
  4. Klik “Edit data”
  5. Suntinglah data yang belum sesuai.
  6. Selesai.

Popular posts from this blog

Cara membuat histogram di Microsoft word 2007

Cara menghilangkan garis-garis di tepi dokumen Microsoft Word 2007

Cara membuat spasi 1,5 di Microsoft Word 2007

Cara membuat form di Microsoft word 2007

Bagaimana cara membuat bagan di Microsoft Word 2007?