Bagaimana cara membuat endnote di microsoft word 2007?

Pada postingan sebelumnya saya telah berbicara perihal cara membuat cover, cara menampilkan shortcut ms word di desktop, cara membuat grafik, cara menggambar dan beberapa cara-cara lain untuk menggunakan Microsoft word. Kali ini saya akan berbicara tentang catatan (note). Bukan footnote tapi endnote. Tepatnya, cara membuat endnote di microsoft word 2007.

Namun sebelum kita ulas tentang cara membuat endnote, mari kita ulas terlebih dahulu tentang apa itu endnote, apa perbedaan antara footnote dan endote dan juga apa persamaan keduanya.

Apa itu endnote?

Pada ulasan yang lalu saya sudah pernah membahas tentang footnote atau catatan kaki dan cara membuatnya. Sebenarnya antara footnote anda endnote memiliki banyak kemiripan. Footnote dan endnote memberikan informasi yang kurang lebih sama seperti hak cipta, informasi bibliografi, latar belakang dan lainnya. Angka-angka yang diberikan pada teks yang akan diberi keterangan tambahan diletakkan pada akhir teks (kalimat atau paragraph). Baik footnote ataupun endnote, keduanya dicatat secara berurutan.

Apa perbedaan Footnote dan Endnote?

Namun antara footnote dan end mempunyai perbedaan yang cukup jelas. Perbedaan keduanya terletak pada penempatan catatan yang ditambahkan. Catatan tambahan pada footnote di letakkan pada bagian akhir teks atau kaki halaman, sedangkan endnote diletakkan pada akhir section atau document.

BERIKUT GAMBAR PENEMPATAN FOOTNOTE DAN ENDNOTE

CONTOH FOOTNOTE

contoh footnote


CONTOH ENDNOTE

contoh endnote

Bagaimana cara membuat endnote di microsoft word 2007?

Penyisipan footnote aatau catatan kaki di Microsoft word memang sangatlah mudah. Begitupun cara menyisipkan endnote juga tidak kalah mudah. Sesungguhnya cara membuat keduanya hampir sama. Walaupun seperti itu, bisa jadi masih ada orang yang belum mengetahui bagaimana cara menambahkan endnote di dokumen mereka. Bila anda termasuk orang yang kesulitan dalam menambahkan endnote di dokumen word, maka anda bisa membaca instruksi dan mengamati screenshotnya di bawah.

  1. Buka dokumen yang akan diberi endnote di Microsoft word

  2. Arahkan kursor (mouses anda) ke akhir teks atau pun paragraph yang akan di beri catata endnote.

  3. Selanjutnya klik tombol “References”

  4. references microsoft word

  5. Dan ikuti dengan mengklik tombol “Insert Endnote”

  6. Terakhir anda bisa menambahkan dan mengedit catata endnote dibagian akhir essai.



Popular posts from this blog

Cara membuat histogram di Microsoft word 2007

Cara menghilangkan garis-garis di tepi dokumen Microsoft Word 2007

Cara membuat newsletter di microsoft word 2007

Cara membuat spasi 1,5 di Microsoft Word 2007

Cara membuat form di Microsoft word 2007