Cara membuat flowchart di Microsoft Word 2007

Apa itu flowchart?

Flowchart merupakan salah satu jenis diagram yang sering digunakan dalam dunia pendidikan atau pun dunia kerja. Flowchart digunakan untuk menggambarkan suatu prosedur, alur kerja atau proses. Biasanya untuk membuat flowchart yang sederhana anda bisa menggunakan tools “smartart”. Namun untuk flowchart yang rumit anda bisa mendesain flow chart anda sendiri.

Cara membuat flowchart di microsoft owrd 2007 tidak sulit. Bagi anda yang belum mengetahui caranya. Anda bisa mengikuti setiap instruksi di bawah dan mengamati screenshotnya.

Bagaimana cara membuat flowchart di Microsoft word 2007?

  1. Buka Microsoft word

  2. Klik “insert”

  3. membuat rumus

  4. Klik “shape”

  5. Klik “new drawing canvas”



  6. Sisipkan atau buatlah desain shape untuk teks, dan atur tata letak shape seperti keingin anada. Lihat contoh di bawah.

  7. cara membuat flowchart

  8. Masukkan teks pada shape. Caranya klik shape yang akan diisi teks, kemudian klik kanan pada mouse anda. Lalu pilih “add text” dan lanjutkan dengan mengetikkan teks anda.

  9. cara membuat flowchart

  10. Setelah anda selesai mengisi shape (bentuk kotak), lanjutkan dengan menyisip shape baru yang berbentuk garis, tanda panah atau semacamnya. Bentuk ini digunakan untuk menghubungkan antar kotak.

  11. cara membuat flowchart

  12. Flowchart telah selesai di buat.  Berikutnya anda bisa memberikan sentuhan warna pada flowchart anda. Misalnya anda bisa mengubah warna kotak menjadi kuning. 

  13. cara membuat flowchart

Cara memberi warna pada desain flow chart.

  1. Klik bentuk (misal kotak) yang akan di beri warna.

  2. cara membuat flowchart


  3. Kemudian klik kanan mouse dan pilih “format auto shape”. Pada  kotak “fill” anda bisa memilih warna untuk isi/bagian dalam bentuk dan pada kotak “line” anda bisa memilih warna untuk garis tepi shape (bentuk). Setelah selesai klik “ok”.

  4. cara membuat flowchart

  5. Atau anda bisa memilih warna yang sudah tersedia pada “text box styles”.

  6. cara membuat flowchart

Popular posts from this blog

Cara membuat histogram di Microsoft word 2007

Cara menghilangkan garis-garis di tepi dokumen Microsoft Word 2007

Cara membuat spasi 1,5 di Microsoft Word 2007

Cara membuat form di Microsoft word 2007

Bagaimana cara membuat bagan di Microsoft Word 2007?